Satuan Pendidikan : SDN 1 Purwodadi
Kelas/ Semester : IV/ 1
Tema/ Subtema : Tema 1 ( Indahnya kebersamaan) Subtema 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran : 1
Waktu : 35 x 6
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menyebutkan
keragaman budaya, etnis, dan agama pada daerahnya sendiri sebagai identitas bangsa Indonesia.
2.
Siswa mampu mengomunikasikan
keragaman budaya,etnis, dan agama sendiri di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia.
3. Setelah membaca teks tentang
keragaman budaya pada Blog, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan
pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
4. Setelah membaca teks tentang
keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di
setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran yang dibuat pada Ms. Word.
5. Dengan berkelompok, siswa
mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan
Ulead.
6. Siswa mampu menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar
dengan membuat tabel pada Ms.Word.
II.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
( IPS, Bahasa Indonesia , IPA)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas
agar siap untuk belajar.
·
Siswa menjawab salam dari guru
·
Siswa berdoa dipimpin oleh salah satu siswa
yang ditunjuk.
·
Siswa dipresensi kehadirannya oleh guru.
· Siswa diingatkan secara sekilas materi yang
kemarin dipelajari dan menghubungkan materi tersebut dengan materi yang akan
dipelajari.
· Siswa diberikan motivasi untuk menambah
semangat belajar dengan menyanyikan lagu “Matahari bersinar terang ”
·
Siswa dijelaskan tujuan pembelajaran hari
ini oleh guru.
|
15 menit
|
Inti
|
· Siswa memulai pembelajaran hari ini mengenai keragaman budaya yang ada di
indonesia.
·
Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman
budaya di indonesia. Siswa diajukan pertanyaan pembuka oleh guru:
a. Siapa
di antara kalian yang berasal dari Suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang?
·
Guru menampilkan power point di layar
mengenai keragaman budaya indonesia.
· Siswa dijelaskan ragam budaya apa saja yang terdapat di indonesia.
· Siswa diberi tugas mencari di internet
mengenai keragaman budaya di daerah masing-masing yang meliputi Asal daerah,
pakaian adat , rumah tradisioanal, dan makanan khas dari daerah tersebut.
· Tugas dikerjakan di Ms. Word dengan rapi
sesuai prosedur yang telah ditentukan. Font: Times new roman, Font Size : 12,
margin atas : 4 kiri : 4 bawah: 3 kanan : 3, orientasi : potrait.
· Setelah selesai, tugas dikirim melalui blog atas nama blog siswa
masing-masing.
·
Setiap Siswa ditugaskan untuk menuliskan
gagasan pokok dan gagasan pendukung yang terdapat pada tugas temannya.
· Siswa diminta menemukan sedikit 5 gagasan pendukung
untuk setiap satu gagasan pokok.
· Siswa membuat diagram pada Ms.Word yang
berisi gagasan pokok dan gagasan utama dari tugas temannya. Contoh diagram
seperti dibawah ini.
· Setelah tugas selesai, kemudian dikirim
ke guru melalui blog.
· Guru akan memberikan komentar terhadap
tugas dari masing-masing siswanya melalui blog.
·
Melanjutkan pelajaran ke IPA. Siswa akan
belajar mengenai sifat-sifat bunyi
·
Siswa ditampilkan satu alat musik
tradisional dari daerah asal sekolah yaitu kendang.
·
Siswa
diajukan pertanyaan oleh guru :
a. Bagaimana
cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
·
Salah satu siswa diminta untuk membunyikan alat musik
tersebut didepan kelas.
· Siswa diminta untuk menjelaskan tentang
cara membunyikan alat musik tersebut
apakah ( dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb).
· Siswa dibentuk kelompok untuk melakukan eksplorasi menggunakan
benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat dikelas dan
sekitarnya.
· Minimal 5 benda yang terdapat dikelas dan
sekitarnya dengan bunyi yang berbeda.
· Kemudian setiap kelompok mem-video semua benda yang
menghasilkan bunyi.
· Video tersebut kemudian di edit pada Ulead yang telah diajarkan minggu lalu oleh agar hasilnya bagus.
· perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasilnya pada
layar lcd.
· Siswa lain mengisi tabel yang tersedia
berdasarkan hasil eksplorasi pada Ms. Word.
· Setiap kelompok menjawab pertanyaan berdasasarkan
hasil eksplorasi pada tabel.
· Guru berkeliling untuk memastikan setiap
siswa mengerjakan tugas dengan tertib.
· Guru mendampingi siswa yang mendapatkan
kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
· Setelah
tugas selesai, tugas di print lalu dikumpulkan pada guru dalam bentuk
hard file.
|
180 menit
|
Penutup
|
· Siswa diajak mengulas kembali kegiatan yang
sudah dilakukan dan siswa diminta melakukan refleksi dari kegiatan yang baru
saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
a. Apa
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
b. Bagaimana
perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
c Kegiatan
apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
d. Kegiatan
mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada hari ini.
·
Siswa diberi kesempatan kepada guru untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa diminta untuk belajar dirumah
·
Salah satu siswa diminta memimpin doa.
·
Siswa memberi salam pada guru.
|
15 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar