Senin, 31 Oktober 2016

RPP berintregasikan TIK


Satuan Pendidikan    : SDN 1 Purwodadi
Kelas/ Semester         : IV/ 1
Tema/ Subtema          :  Tema 1 ( Indahnya kebersamaan)    Subtema 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran             : 1
Waktu                         : 35 x 6

I.                   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama pada daerahnya sendiri  sebagai identitas bangsa Indonesia.
2.      Siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya,etnis, dan agama sendiri di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
3. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya pada Blog, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
4.   Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran yang dibuat pada Ms. Word.
5. Dengan berkelompok, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan Ulead.
6.   Siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan membuat tabel pada Ms.Word.
II.                KEGIATAN PEMBELAJARAN
( IPS, Bahasa Indonesia , IPA)


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.
·         Siswa menjawab salam dari guru
·         Siswa berdoa dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·         Siswa dipresensi kehadirannya oleh guru.
·      Siswa diingatkan secara sekilas materi yang kemarin dipelajari dan menghubungkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
·    Siswa diberikan motivasi untuk menambah semangat belajar dengan menyanyikan lagu “Matahari bersinar terang ”
·         Siswa dijelaskan tujuan pembelajaran hari ini oleh guru.
15 menit
Inti
·   Siswa memulai pembelajaran hari ini  mengenai keragaman budaya yang ada di indonesia.
·         Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman budaya di indonesia. Siswa diajukan pertanyaan pembuka oleh guru:
a.       Siapa di antara kalian yang berasal dari Suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang?
·         Guru menampilkan power point di layar mengenai keragaman budaya indonesia.
·   Siswa dijelaskan  ragam budaya  apa saja yang terdapat di indonesia.
·   Siswa diberi tugas mencari di internet mengenai keragaman budaya di daerah masing-masing yang meliputi Asal daerah, pakaian adat , rumah tradisioanal, dan makanan khas dari daerah tersebut.
·   Tugas dikerjakan di Ms. Word dengan rapi sesuai prosedur yang telah ditentukan. Font: Times new roman, Font Size : 12, margin atas :  4 kiri : 4 bawah:  3 kanan : 3, orientasi : potrait.
·    Setelah selesai, tugas  dikirim melalui blog atas nama blog siswa masing-masing.
·         Setiap Siswa ditugaskan untuk menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang terdapat pada tugas  temannya.
·  Siswa diminta menemukan sedikit 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.
·        Siswa membuat diagram pada Ms.Word yang berisi gagasan pokok dan gagasan utama dari tugas temannya. Contoh diagram seperti dibawah ini.

·   Setelah tugas selesai, kemudian dikirim ke  guru melalui blog.
·    Guru akan memberikan komentar terhadap tugas dari masing-masing siswanya melalui blog.
·         Melanjutkan pelajaran ke IPA. Siswa akan belajar mengenai sifat-sifat bunyi
·         Siswa ditampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah yaitu kendang.
·          Siswa diajukan pertanyaan oleh guru :
a. Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
·         Salah satu siswa  diminta untuk membunyikan alat musik tersebut didepan kelas.
·  Siswa diminta untuk menjelaskan tentang cara membunyikan alat musik tersebut  apakah ( dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb).
· Siswa dibentuk kelompok untuk melakukan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat dikelas dan sekitarnya.
·  Minimal 5 benda yang terdapat dikelas dan sekitarnya dengan  bunyi yang berbeda.
·   Kemudian setiap kelompok  mem-video semua benda yang menghasilkan bunyi.
·      Video tersebut kemudian di edit pada Ulead  yang telah diajarkan minggu lalu oleh  agar hasilnya bagus.
· perwakilan setiap kelompok  mempresentasikan hasilnya pada layar lcd.
·  Siswa lain mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi pada Ms. Word.
· Setiap kelompok menjawab pertanyaan berdasasarkan hasil eksplorasi pada tabel.

·  Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib.
· Guru mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam  menjawab pertanyaan.
·  Setelah  tugas selesai, tugas di print lalu dikumpulkan pada guru dalam bentuk hard file.

180 menit
Penutup
·     Siswa diajak mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan siswa diminta melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
a.       Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
b.      Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
  Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
d. Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
·         Siswa diberi kesempatan kepada guru  untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·         Siswa diminta untuk belajar dirumah
·         Salah satu siswa diminta memimpin doa.
·         Siswa memberi salam pada guru.
15 menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar